Merayakan Keberagaman Indonesia
HFN 2017

Ayo! Maju Animasi Indonesia: Cara Animator Indonesia memperingati Hari Film Nasional 2017

Selama dua hari berturut-turut, 11-12 Maret, Theater Dome Universitas Muhammadiyah Malang dipenuhi oleh ratusan pengunjung yang ingin menghadiri “Ayo! Maju Animasi Indonesia”. Sebuah rangkaian kegiatan yang terdiri dari pemutaran film, pameran, dan diskusi animasi. Ini merupakan kerjasama antara Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangfilm Kemendikbud) dengan Indonesia Animation (INAMA) dalam rangka memperingati Hari Film Nasional yang jatuh pada akhir Maret nanti. 

Malang mulai diyakini sebagai kota yang cukup memiliki potensi dalam pengembangan animasi di Indonesia. INAMA bersama dengan Forum Animasi Malang menyeleksi ratusan karya film animasi anak bangsa untuk diputar selama dua hari. Pengunjung didominasi oleh mereka yang telah berkecimpung lama maupun baru di dunia animasi, dari animator, pemilik studio animasi, perusahaan software, pengajar jurusan animasi di SMK, dan para pelajar. 


Selain itu terdapat sejumlah nama yang tak asing lagi dalam dunia animasi tanah air, sebut saja Patrick dari Visual Expert Plentis Kentus. Ia berbagi ilmu tentang desain visual dan juga pengalamannya selama bergelut di dunia animasi kepada para pengunjung yang mengikuti kelas diskusi. Para pengunjung khususnya para siswa SMK terlihat antusias selama diskusi berlangsung.

Patrick berharap, gelaran kegiatan animasi yang digagas Pusbangfilm Kemendikbud dan INAMA ini dapat memberikan dampak positif bagi pergerakan industi animasi di Indonesia, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, kata Patrick, kegiatan tersebut diharapkan mampu memotivasi pelaku industri animasi untuk terus berkarya. Secara eksternal, kata Patrick, kegiatan ini diharapkan mampu membuka pandangan kepada masyarakat luas terkait perkembangan industri animasi di tanah air. Bukan dirinya semata yang memiliki harapan ini, tampaknya animator lain juga memiliki harapan sejenis.

Berita Terkait