Merayakan Keberagaman Indonesia
Perfilman Indonesia

Istirahatlah Kata-Kata Unggul di BAFF 2017

Istirahatlah Kata-kata, atau dikenal juga dengan Solo, Solitude, arahan Yosep Anggi Noen meraih penghargaan film terbaik dalam ajang Bangkok ASEAN Film Festival (BAFF) 2017. Film ini dipilih langsung oleh tiga dewan juri, diantaranya Hong Hyosook (Direktur Asian Cinema Fund), Maggie Lee (Kritikus Film Asia) dan Koji Fukada (Sutradara asal Jepang). 

"Film ini paling sederhana sekaligus unggul secara artistik, terutama dalam sinematografi dan pencahayaan," kata salah satu diantara ketiganya. "Keberanian sutradara dan perhatiannya terhadap kemanusiaan sangat jelas. Dia mampu menyatakan persoalan politik yang serius lewat berbagai detail protagonis dalam film," sambung yang lainnya.

Film ini unggul dari sembilan nominasi dari Negara lain. Beberapa nominasi lainnya adalah Dearest Sister dari Laos, Ho Chi Minh In Siam dari Vietnam, A Yellow Bird dari Singapura, Turn Left Turn Right dari Kamboja, Interchange dari Malaysia dan In The Flesh dari Thailand.

Film yang diputar secara serempak di jaringan bioskop XXI pada 19 Januari tahun ini mengundang cukup banyak perhatian dari beberapa kalangan. Khususnya saat diketahui bahwa film ini pada awalnya tidak diperuntukkan bagi jaringan bioskop arus utama. Film ini tampak menawarkan keragaman pada pilihan tontonan masyarakat pada Januari itu. “Tujuan kami membuat film ini sebenarnya agar Wiji Thukul dibicarakan lagi. Tidak hanya semata-mata hanya ngomongin Wiji,” ujar sang sutradara, Anggi Noen.

Film ini menceritakan tentang Wiji Thukul, seorang aktivis reformasi, dalam masa pengasingan diri. Film ini mengungkapkan rasa ketakutan, kejenuhan, dan kerinduan yang berbalut dalam potongan hidup Wiji ketika itu. 

Sebelum meraih penghargaan ini, Istirahatlah Kata-Kata juga telah meraih beberapa penghargaan. Pada Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2016, film ini meraih penghargaan Golden Hanoman Award atau penghargaan film terbaik. Film ini juga mendapat penghargaan sutradara dan aktor terbaik dalam Usmar Ismail Awards 2017.  (Julita Pratiwi)

Berita Terkait