Merayakan Keberagaman Indonesia
Perfilman Indonesia

Ziarah Menangkan Dua Penghargaan di AIFFA 2017

Ziarah, film besutan sutradara BW Purbanegara berhasil membawa pulang dua penghargaan di ajang ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA). Film ini memenangkan kategori Best Screenplay dan Special Jury Award di malam penganugerahan AIFFA 2017.

Dalam kategori Best Screenplay, Ziarah bersaing dengan 4 film, di antaranya adalah Solo, Solitude (Indonesia), Laut (Philippines), Imbisibol (Philippines), dan The Way Station (Vietnam). 

Ziarah juga mendapatkan penghargaan Special Jury Award dalam AIFFA 2017. Pihak juri menyatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada Ziarah untuk penampilan Mbah Ponco Sutiyem. Nenek berusia 95 tahun dari Gunung Kidul tersebut dinilai berakting sangat mengesankan sebagai tokoh utama film ini. Ziarah tidak sendiri dalam mendapat penghargaan Special Jury Award. Solo, Solitude (Yosep Anggi Noen, Indonesia) juga mendapatkan penghargaan serupa dalam ajang ini. 

Mbah Ponco Sutiyem juga menjadi nominator Best Actress dalam ajang ini. Namun, penghargaan aktris terbaik akhirnya jatuh kepada aktris Filipina, Delas Allas, yang membintangi film Area.

Film yang dapat disaksikan di bioskop mulai tanggal 18 Mei 2017 ini bercerita tentang perjalanan Mbah Sri, seorang nenek berusia 95 tahun, yang mencari makam suaminya yang hilang pada zaman Agresi Militer Belanda ke-2. Film ini berbicara mengenai cinta dan kesetiaan di antara suramnya masa lalu dan pilunya kematian.

BW Purbanegara mengungkapkan bahwa Ziarah dikerjakan dengan semangat kolaboratif bersama kawan-kawan di Indonesia, khususnya di Gunung Kidul dan Yogyakarta. Ia juga mempersembahkan penghargaan tersebut kepada seluruh pemain dan kru yang sudah turut membantu memproduksi film Ziarah.

“Semoga prestasi ini bisa menginpirasi teman-teman komunitas film di seluruh Indonesia untuk meraih prestasi-prestasi yang lebih gemilang lagi di masa yang akan datang,” tambah BW Purbanegara sesaat setelah menerima kedua penghargaan tersebut. (Yulaika Ramadhani)

Berita Terkait