Merayakan Keberagaman Indonesia
Pusbangfilm

Memperkenalkan Wajah Sinema Indonesia di Kroasia

Dalam rangka membangun budaya sinematik dan memperkenalkan secara luas wajah sinema Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Zagreb mengadakan pergelaran Indonesian Movie Week (IMW). Agenda yang diadakan pada 2-7 Juni 2017 tersebut merupakan program pemutaran film pertama yang diadakan oleh KBRI Zagreb.

Sebanyak lima film Indonesia telah diputar gratis di bioskop Kino Tuskanac di Kota Zagreb dan Kino Zlatna Vrata di Kota Split. Film-film yang dipilih dalam program ini adalah Gending Sriwijaya (2013), Kisah 3 Titik (2013), Sunya (2015), MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta (2016), dan Labuan Hati (2017).

"Film merupakan media promosi budaya yang sangat efektif, karena mengandung nilai hiburan dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Masyarakat Kroasia menyukai film-film asing, itu bisa dilihat dari kegiatan festival di beberapa kota selama ini. Pemutaran film Indonesia nanti semoga mendapat sambutan masyarakat di sini," terang Syachroedin Zainal, selaku Duta Besar Indonesia untuk Zagreb. 

Selain menayangkan film, terdapat juga kegiatan diskusi "Exploring Indonesia-Croatia Film Industry" dan workshop tentang industri perfilman Indonesia dalam rangkaian IMW. Acara diskusi dan workshop tersebut mengundang narasumber sineas dan produser dari Kroasia dan Indonesia. Delegasi dari Indonesia untuk IMW di Kroasia terdiri dari Slamet Rahardjo (aktor), Dhoni Ramadhan (produser), Harry Dagoe Suharyadi (produser dan sutradara), Lola Amaria (aktris, produser dan sutradara), Ineke Indriyani Muchari (produser Balinale), Erini Mutia Yufada (artis) Dian Permata (Produser), dan Sanggupri (Pusbangfilm Kemdikbud).

"Kami berharap dari Indonesian Movie Week kali ini ada sinergi antar sineas Indonesia dengan Kroasia, sehingga terbuka peluang joint produksi film kita dengan Kroasia," ungkap Lola Amaria, yang kali membawa dua filmnya Labuan Hati dan Kisah 3 Titik. (Julita Pratiwi)

Berita Terkait