Merayakan Keberagaman Indonesia
Program

RAKOR KOMUNITAS FILM

IDENTIFIKASI POTENSI KOMUNITAS FILM DI INDONESIA


Waktu
16 - 18 Maret 2017

Tempat
Hotel The Akmani, Jakarta

Acara Tertutup. Khusus peserta undangan. 

Penyelanggara
Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Beberapa tahun ini perkembangan komunitas film begitu pesat. Maka penting untuk mengadakan kegiatan untuk membahas perihal-perihal terkait kegiatan komunitas film beserta tantangan yang dihadapi. Melalui serangkaian diskusi dan presentasi, akan tersusun Daftar Inventaris Masalah (DIM) sebagai modal analisa untuk menghasilkan tawaran-tawaran solusi praktis dan berkesinambungan. DIM ini tidak hanya akan berguna bagi lingkar komunitas film tapi juga lembaga-lembaga negara terkait perfilman, seperti Pusbangfilm dan Bekraf, yang dalam banyak kesempatan menyatakan memiliki banyak program yang berbasis komunitas.

Peserta FGD Komunitas Film Indonesia adalah individu yang mewakili komunitas film atau lembaga yang terkait dengan kegiatan perfilman. Kriteria pemilihan peserta berdasarkan pada karakter kegiatan serta keaktifan komunitas atau lembaga terkait dalam bidangnya selama dua tahun terakhir. Tiap forum dibatasi maksimum sepuluh individu perwakilan komunitas film dari berbagai kota dan pulau di Indonesia.

FGD dibagi ke dalam tiga forum paralel: produksi, ekshibisi dan festival, serta kajian dan apresiasi. Setiap forum akan menghadirkan narasumber ahli untuk memantik diskusi sesama peserta. Selain diskusi, masing-masing forum juga mendapat presentasi dari sesama pelaku seni-budaya dan industri kreatif yang diharapkan bisa menjadi mitra komunitas film untuk ke depannya.

Hasil diskusi tiap-tiap forum akan dipresentasikan pada akhir rangkaian acara, beserta tanggapan dari observer-observer yang diundang.

Program Terkait