Merayakan Keberagaman Indonesia
Program

FILM & ART CELEBRATION (FILARTC)

Waktu

30 Maret – 1 April 2017

Tempat

PFN, Jakarta Timur

Penyelenggara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | Kementerian Pariwisata | Badan Ekonomi Kreatif | Perusahaan Umum Produksi Film Negara


Film & Art Celebration (FILARTC) merupakan puncak acara HFN 2017. Pemilihan lokasi di kompleks PERUM PFN secara simbolis menyiratkan komitmen pemerintah untuk mengembangkan perfilman nasional, sebagai seni budaya paling strategis guna membangun dan mempertahankan keragaman budaya Indonesia. Sebagai bagian dari persiapan acara, BEKRAF melakukan peremajaan dan perbaikan fisik di bagian-bagian kompleks PERUM PFN yang digunakan sebagai lokasi acara.

Agenda utama FILARTC pencanangan gerakan “Merayakan Keragaman Indonesia melalui Film” oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2017. Akan dipaparkan visi pengembangan film Indonesia sebagai seni budaya paling strategis untuk membangun dan mempertahankan keberagaman budaya Indonesia. Presiden juga akan turut hadir dalam penandatangan kerjasama PERUM PFN dengan sejumlah mitra strategis, pengukuhan pengurus Badan Perfilman Indonesia 2017-2010, penghargaan untuk tokoh-tokoh perfilman, peluncuran buku Sejarah Hari Film Nasional dan Katalog Film Indonesia 2008-2016, serta peresmian program “Layar Indonesia” di bioskop-bioskop jaringan XXI.

Selama acara Presiden akan didampingi oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Menteri BUMN, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Gubernur DKI Jakarta, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kepala Pusbangfilm, Direktur Utama PERUM PFN, dan Ketua Umum BPI.

Turut meramaikan FILARTC adalah asosiasi-asosiasi profesi perfilman, dari kalangan pemain film, penyunting gambar, sinematografer, sutradara, penulis, pekerja suara, produser, hingga pengarah casting. Masing-masing asosiasi akan menghadirkan booth beserta rangkaian kegiatannya sendiri. Terdapat juga bazar terbuka yang akan menjajakan perlengkapan kamera, buku film, memorabilia film, serta makanan dan minuman.

Selama acara akan ada panggung musik yang menyajikan penampilan soundtrack dari berbagai film. Acara-acara lainnya meliputi Pameran Sejarah Film Indonesia, Pameran Make-up Effect Film, Pameran dan Workshop Kostum Film, Pameran Foto Behind the Scene, Seni Pertunjukan dan Tarian Keragaman Indonesia, Fashion Show Kostum Film, Penayangan Film, dan Film Forum.

Program Terkait