Merayakan Keberagaman Indonesia
Program

FILM & SASTRA INDONESIA

RAGAM FILM, RAGAM BUKU, RAGAM INDONESIA


Waktu:
Sabtu, 25 Maret 2017

Tempat:
Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat

Penyelanggara:
Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Program “Film & Sastra” merupakan wadah untuk wacana-wacana terkait dunia perfilman dan kesusastraan kepada publik. Pemicunya adalah tren selama sepuluh tahun terakhir di layar perak tanah air, yang banyak diramaikan oleh film-film adaptasi novel.

Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Walaupun begitu bila kita melihat daftar film terlaris Indonesia, lima dari sepuluh merupakan adaptasi dari buku. Bahkan banyak produser film Indonesia yang mencari novel sastra modern atau klasik untuk difilmkan dengan harapan akan menarik penonton dan seringkali film lah yang membuat penjualan bukunya meningkat tajam.

Karena itu dalam acara sehari ini, kita akan menghubungkan para pembuat film, penulis, penerbit, pembaca, dan penonton film untuk berdiskusi dan menggabungkan ide untuk kemajuan dua industri ini. Sekaligus menajamkan fungsi "perkawinan" buku dan film Indonesia untuk merayakan keragaman Indonesia.
Program

LAYARKAN RAGAM INDONESIA
Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat
13:00 - 15:00 WIB

Film dan buku berpotensi untuk menjadi pengingat betapa pentingnya kita merayakan dan merawat keragaman Indonesia. Namun, potensi ini bisa menjadi sia-sia bila masyarakatnya tidak mempunyai kemampuan literasi buku dan film. Diskusi ini akan membagi pengalaman hingga tips praktis bagaimana meningkatkan keahlian literasi terutama untuk generasi muda.

PEMBICARA:
BJ Habibie (Presiden Ke-3 Indonesia, kisah hidupnya difilmkan di ‘Habibie & Ainun’ & ‘Rudy’), Najeela Shihab (pendiri Sinedu.id & Aktivis Pendidikan), Irfan Ramli (penulis skenario 'Cahaya dari Timur'), DR. Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan).

MODERATOR:
Hikmat Darmawan* (Anggota Dewan Kesenian Jakarta - Komite Film)

*dalam konfirmasi


KITA, CERITA, DAN INDONESIA
Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat
15:30- 17:30 WIB

Cerita berperan penting dalam pembentukan bangsa dan diskusi ini akan membahas mengenai efek adaptasi buku menjadi film pada masyarakat Indonesia. Bagaimana penulis dan para pembuat film mengemban tanggung jawab ini dalam hubungannya dengan isu keragaman Indonesia.

PEMBICARA:
Chand Parwez (Produser Starvision), Salman Aristo (Penulis Skenario), Angga D. Sasongko (Visinema), Raditya Dika (penulis buku/sutradara).

MODERATOR:
Makbul Mubarak* (dosen Teori Film Universitas MultiMedia Nusantara)

*dalam konfirmasi

Program Terkait