Merayakan Keberagaman Indonesia
Program

FILM DALAM PLATFORM DIGITAL

Kreativitas Seni Film Di Dunia Maya


Waktu
25 Maret 2017 | 12.00 - 20.00

Tempat
Neo Soho Central Park Lt. 4

Penyelenggara
Direktorat Seni Media

Program “Film sebagai bentuk Seni Media Digital” berfokus pelaku perfilman di hadapan perkembangan teknologi digital, yang terdiri dari empat kegiatan:

Diskusi “Layar Digital dan Ruang Kreativitas Kita Hari Ini” 
Pembicara: Ernest Prakasa, Ismail Fahmi, Joko Anwar

Berfokus pada perkembangan teknologi layar yang terus bertransformasi dalam berbagai ukuran dan cara beroperasi. Terhubung melalui koneksi internet, layar disematkan pada telepon selular, televisi, gawai, tablet, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. Layar menjadi mudah dibawa dan terbuka untuk berbagai bentuk konten dan interaksi baru. Transformasi layar ini membuka persoalan dan tantangan baru bagi dunia film, terutama dari sisi kreativitas pembuatan dan adaptasi cara untuk mengapresiasinya.

Diskusi “Platform Digital dan Demokratisasi Film” 
Pembicara: Mandy Marahimin, Sammaria Simanjutak, Lavesh Samtani

Berfokus tumbuhnya penyedia layanan berbasis internet yang mengedarkan film seperti Netflix, iFlix, Hooq, bahkan platform gratis seperti YouTube dan sejenisnya yang menjadi lahan baru dan memberi ruang hidup bagi pembuat film secara langsung tanpa perantara, khususnya produksi independen. Peluang pendanaan produksi berbasis komunitas digital dan monetisasi konten sangat terbuka lebar. Sejauh mana pelaku film kita sudah memanfaatkan peluang ini? 

Diskusi “Vlogging dan Konten Bagi Komunitas” 
Pembicara: Kaesang Pangarep, Youtube, Dennis Adhiswara

Berfokus pada fenomena vlog yang kini telah menjadi moda komunikasi baru. Konten singkat, baik yang bersifat personal maupun menceritakan peristiwa di sekitar kita dengan cepat merebut perhatian peselancar dunia maya. Tumbuhnya wahana daring seperti YouTube dan sejenisnya dengan mudah ditautkan pada situs-situs pribadi dan menjangkau seluas mungkin. Riset Nielsen menyatakan, rata-rata pengguna internet menonton 206 video setiap bulan. Peluang ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memasarkan produknya.

Booth Komunitas, Perusahaan, dan Penayangan Film berbasis Digital.

Program Terkait